Kuliah Umum Fisika

Jumat, 25 Maret 2016 Jurusan fisika FMIPA UNM akan mengadakan kuliah umum bagi dosen dan mahasiswa dengan tema” Potensi Fly Ash Indonesia Sebagai Bahan Dasar Geopolimer Untuk Aplikasi Struktur Ramah Lingkungan”. Pemanfaatan limbah batu bara dalam bentuk fly ash sebagai bahan dasar komposit geopolimer telah banyak dikaji oleh dosen jurusan fisika melalui riset-riset yang didanai oleh dikti dan melalui tugas akhir skripsi oleh mahasiswa. Terakhir salah seorang dosen Fisika, Drs. Subaer, M.Phil., Ph.D diundang menjadi keynote speaker pada international conference kerja sama Indonesia dan Malaysia tentang pemanfaatan fly ash sebagai bahan dasar geopolymer di Surabaya.

Pada kesempatan ini pembicara yang akan membawakan kuliah umum berasal dari tiga bidang ilmu yang berbeda: Prof. Suminar Pratapa, Ph.D dari bidang kajian fisika material. Hamzah Fanzuri, Ph.D bidang kajian kimia. dan Dr.IR. Januarti, M.T dari teknik sipil. Prof. Suminar Pratapa, Ph.D akan membawakan materi tentang analisis XRD dalam menentukan kualitas geopolymer, sedangkan Hamzah Fanzuri, Ph.D dan Dr.IR. Januarti, M.T yang merupakan dosen sekaligus peneliti dari jurusan kimia dan teknik sipil akan lebih banyak berbicara tentang proses sintesis sampai pada sifat mekanik dari komposit geopolymer yang dihasilkan.

Drs. Abdul Haris, M.Si. selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kuliah umum ini paling sedikit akan dihadiri oleh 60 orang peserta yang teridiri dari dosen dan mahasiswa jurusan fisika. ditambah dengan peserta undangan dari Dosen dari teknik sipil UNM dan Teknik Sipil Univ. FAJAR Makassar. Pada kegiatan kuliah umum ini juga akan dilakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) tentang kerjasama penelitian antara ITS dan UNM. Kegiatan ini akan berlangsung di ruang rapat senat FMIPA UNM dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Abdul Rahman, M.Pd. selaku dekan FMIPA UNM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *