Bangganya Aku Dapat “PERMATA”

FISIKA. Siapa yang tidak mau mendapat beasiswa ? Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi pasti ingin mendapatkan beasiswa. Banyak fasilitas yang diberikan untuk penerima beasiswa terutama uang saku yang akan diberi kepada penerima beasiswa selama menempuh pendidikan dalam kurung waktu tertentu sesuai dengan jenis beasiswa itu sendiri. Beberapa waktu yang lalu enam orang mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (FMIPA UNM) berhasil memperoleh beasiswa PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air) 2018 selama satu semester. Tiga orang mahasiswa pendidikan fisika ICP FMIPA UNM di Unima (Universitas Negeri Manado) dan tiga orang mahasiswa pendidikan fisika FMIPA UNM di UNG (Universitas Negeri Gorontalo). Pendaftaran beasiswa Permata 2018 ini dibuka untuk semua universitas yang ada di Indonesia dengan syarat mengikuti tahap-tahap tertentu.

Tujuan beasiswa PERMATA diantaranya yaitu meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antar mahasiswa seindonesia melalui pembelajaran antar budaya. Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pihak PERMATA 2018 diantaranya yaitu, uang saku selama menjalani proses perkuliahan di universitas tujuan, asrama+wifi dan beberapa peralatan dapur, serta transportasi untuk antar jemput dll. Saat ini ke-enam mahasiswa pendidikan Fisika tersebut sedang menjalani perkuliahan di universitas yang telah dipilih.

Informasi tentang beasiswa PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air) 2018 ini diinfokan oleh pihak jurusan. “Pak Herman (Sekertaris Jurusan Fisika) memberikan informasi kepada mahasiswa bahwa pendaftaran PERMATA 2018 telah dibuka” kata Tri saat diwawancarai yang merupakan salah satu penerima beasiswa Permata 2018. Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam memperoleh beasiswa, dan biasanya mahasiswa yang malas untuk mengurus banyak hal akan merasa ribet dan selanjutnya memutuskan untuk berhenti melanjutkan pengurusan beasiswa.

Dalam mengikuti proses pendaftaran beasiswa PERMATA 2018 ini ada beberapa tahap yang harus dilewati yakni, tahap pengumpulan berkas-berkas, tahap verifikasi dan selanjutnya tahap wawancara. Saat mengetahui informasi terkait dengan terbukanya pendaftaran beasiswa PERMATA 2018, banyak mahasiswa fisika yang mendaftar.  Tri menjelaskan bahwa mahasiswa yang ingin mengikuti beasiswa Permata 2018 mendaftarkan diri ke PD IV FMIPA UNM (koordinator kerjasama dan Pengembangan). Nama-nama mahasiswa yang telah terdaftar selanjutnya akan dibawa ke PR IV UNM. Adapun syarat untuk mengikuti beasiswa PERMATA 2018 yaitu, mahasiswa non-bidikmisi dan memiliki prestasi akademik, serta bersedia untuk ditempatkan di universitas manapun di Indonesia.

Adapun profile ke-enam mahasiswa Pendidikan Fisika yang lolos dan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa PERMATA 2018 yakni sebagai berikut:

 

Nama               :  Muh. Tri Prasetia Nua

NIM                :  1512441003

Kelas               :  Pendidikan Fisika ICP 2015

Ditempatkan   :  Unima (Universitas Negeri Manado)

Motto              : Belajarlah di waktu luang dan luangkanlah waktu untuk belajar.

 

Nama               :  Muh. Fajrin Arifa Yahya

NIM                :  1512442004

Kelas               :  Pendidikan Fisika ICP 2015

Ditempatkan   : Unima (Universitas Negeri Manado)

Motto              : Hidup seperti padi, bertindak seperti semut dan berpikir seperti Robinson.

 

Nama               :  Hangger Citra Aryo K.

NIM                :  1512441009

Kelas               :  Pendidikan Fisika ICP 2015

Ditempatkan   : Unima (Universitas Negeri Manado)

Motto              : Through the darkness we learn for the brigher future.

 

 

 
Nama               :   Yaumil Khairin Septiani

NIM                :  1512041012

Kelas               :  Pendidikan FisikaA 2015

Ditempatkan   : UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

Motto              : Keluarlah dari zona nyaman untuk menghadapi tantangan, resiko dan konsekuensi untuk mengetahui bahwa ilmu tidak hanya sekedar di dalam buku.

 

Nama               :  Muh. Thafsir Triansah

NIM                :  1512040005

Kelas               :  Pendidikan Fisika A 2015

Dittempatkan : UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

Motto              :  Lebih baik sedikit yang jujur, daripada bergelimpahan karena curang.

 
 

Nama               :   Hidayat Tullah

NIM                :  1512040009

Kelas               :  Pendidikan Fisika A 2015

Ditempatkan   :  UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

Motto              :  Step by step of you’re the best.

 

Wahhh,, menarik bukan. Bagaimana dengan kamu?

Tenang, masih ada pendaftaran beasiswa lain yang bisa diikuti,

Tetap semangat untuk mahasiswa pengejar beasiswa, karena mahasiswa seharusnya memiliki prestasi untuk memberikan kontribusi dalam menginspirasi para generasi penerus bangsa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *